Kemenkes Cek KKP di 14 Embarkasi

Sun, 02/10/2016 15:22:52   | Dilihat : 1043   Penulis : Admin2

Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama mengecek kesiapan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Hasanuddin Makassar. Dari pantauan layanan kesehatan jamaah haji, didapati 37,75% jamaah beresiko tinggi. Bahkan salah satu jamaah terpaksa batal berangkat karena hamil muda.

Sampai tanggal 24 September 2012 di Embarkasi Haji Makassar sudah diberangkatkan tujuh kloter yang terdiri dari 2.625 orang jamah haji. Seluruh jamaah haji embarkasi Makassar tahun 2012 ini adalah 14.998 orang yang tergabung dalam 40 kloter.

“Sebanyak 991 orang diantaranya (37,75 %) tergolong risiko tinggi (Risti),” ungkap Prof Tjandra, Selasa (25/9). Mereka terdiri Risti lansia 419 orang dan Risti karena ada penyakit tertentu sebanyak 572 orang. Sejauh ini, ungkap Prof Tjandra, ada satu orang batal berangkat karena sedang hamil muda.

Dia pun memaparkan, secara umum yang dilakukan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di 14 Asrama Embarkasi Haji di Indonesia melayani pemeriksaan sanitasi lingkungan Asrama Haji. Selain itu ada pemeriksaan dokumen kesehatan seluruh calon jamaah haji yang masuk ke asrama embarkasi “Pemeriksaan kesehatan para jamaah haji yang diperlukan seperti pemeriksaan pada saat masuk asrama penyediaan dan pelaksanaan dan poliklinik di asrama embarkasi haji,” ujar Prof Tjandra.

Pemeriksaan kekarantinaan pesawat udara juga dilakukan. Kegiatannya mencakup penyediaan obat, alat kesehatan, dan layanan kesehatan umum lainnya. Area pesawat juga tak luput dari pemeriksaan sanitasi. Serta pengawasan tindakan disinfeksi (hapus serangga) pada pesawat. Dilengkapi pula pemberian sertifikat disinfeksi dan sertifikat air bersih/air minum.

Sumber: Republika, 25/10/2013