Masalah Obat ? T.E.P.A.T. Solusinya

Sun, 02/10/2016 15:35:15   | Dilihat : 816   Penulis : Admin2

Jeddah. Minggu, 15 September 2013

Selalu ada yang baru dalam penyelenggaraan Kesehatan Haji. Mengapa ? Karena upaya penyempurnaan niscya mengharuskan inovasi untuk menyelesaikan masalah dan mendorong peningkatan  cakupan dan mutu layanan kesehatan. Semuanya dilakukan demi kesempurnaan layanan bagi Jemaah Haji Indonesia.

Salah satu langkah penyempurnaan penyelenggaraan layanan kesehatan haji di Arab Saudi pada tahun ini adalah pengerahan T.E.P.A.T. yaitu Tenaga Pengantar Obat.

Istilah TEPAT dipilih untuk menyampaikan pesan bahwa pengantaran obat harus TEPAT, baik tepat waktu maupun sasaran. “TEPAT bukan hanya sekedar singkatan, tetapi lebih dalam mengandung arti dan bermakna TEPAT WAKTU dan TEPAT SASARAN. Jadi harus tepat waktu,  sehingga ketersediaan obat di kloter kloter tetap terjamin. Jaminan ketersediaan obat akan bermakna terhadap peningkatan kualitas layanan dan cakupan layanan. Semoga akan dapat berdampak pada penurunan angka kesakitan dan kematian di pemondokan”, arahan Dr. dr. Fidiansjah, Sp.KJ, MPH, selaku Kabid Kesehatan  PPIH Arab Saudi kepada calon petugas TEPAT.

Perekrutan petugas TEPAT merupakan solusi permasalahan distribusi obat dari Depo Obat ke petugas TKHI Kloter. Dalam evaluasi penyelenggaraan kesehatan haji pada dua tahun terakhir, diidentifikasi salah satu beban layanan petugas TKHI yang menyita waktu adalah penyediaan obat. Petugas TKHI melakukan perencanaan dan permintaan perbekalan kesehatan sekali dalam tiga hari. Dengan adanya petugas TEPAT, diharapkan petugas TKHI dapat berkonsentrasi dalam meningkatkan cakupan layanan langsung kepada jemaah haji, di antaranya visitasi jemaah haji.

Untuk mengantarkan kebutuhan yang diperlukan untuk layanan kesehatan di Kloter, petugas TEPAT menggunakan kendaraan roda dua. Sepeda motor atau sepeda merupakan solusi transportasi dalam situasi kemacetan kota Makkah yang akan terjadi pada masa puncak musim haji. Macet, harus disiasati. Petugas TEPAT akan ber-aksi menyelesaikan tugasnya : Gowes, TAMBAH SPEED, bahkan ANGKAT menjadi SOLUSINYA  penyelesaiannya. 

Konsep PESAN ANTAR (DELIVERY) akan digunakan dalam melayani permintaan obat kloter, kloter cukup On Call atau datang ke Sektor, selanjutnya TEPAT sebagai SOLUSI-nya. Insya Alloh akan memberi manfaat dan barokah serta dapat diaplikasikan bagi semua, khususnya jamaah haji Indonesia.

Yuuk Support TEPAT.

Artikel: MF.15/09/2013