SISKOHATKES Pusat Siaga 24 Jam Selama Operasional Haji

Sun, 02/10/2016 15:42:05   | Dilihat : 1376   Penulis : Admin2

Jakarta. Minggu, 22 September 2013.

Operasional Haji mulai berlangsung sejak 9 September 2013, ditandai masuknya Jemaah Haji Indonesia ke asrama haji. Sejak tanggal tersebut, dukungan layanan data secara real-time sangat diperlukan untuk menunjang pelayanan kesehatan bagi jemaah haji Indonesia. Dalam rangka kendali penyelenggaraan, keberadaan ruang kendali (operation-room) di Pusat Kesehatan Haji, Kementerian Kesehatan menjadi penting.

Di antara kegiatan ruang kendali adalah mendukung layanan transaksi data (data-exchange) dan analisa harian perkembangan penyelenggaraan haji. Tim Pelaporan harian menjadi hal penting. Pelaporan harian pelayanan kesehatan haji dilakukan oleh Tim SISKOHATKES yang dibentuk oleh Pusat Kesehatan Haji KEMKES.

Tim SISKOTHATKES terdiri 4 tim yang bertugas secara bergilir untuk mengoperasionalkan layanan 24 jam secara terus-menerus. Tim memantau dinamika data dan informasi tentang pelayanan kesehatan Jemaah haji sejak jemaah masuk asrama haji pada 13 embarkasi dan 4 embarkasi antara yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air, proses pemberangkatan penerbangan dan pelayanan kesehatan jemaah haji selama di Arab Saudi, serta saat kedatangan kembali jemaah di debarkasi.  

Pelaporan harian oleh Tim meliputi pelayanan kesehatan Jemaah haji dari Embarkasi dan Arab Saudi untuk  dilaporkan secara tertulis kepada Menteri Kesehatan, beserta tujuh unit utama di Lingkungan di Lingkungan Kementerian Kesehatan RI. (22/09/2013)

Foto : Tim Siskohatkes 4, mempersiapkan laporan harian Kesehatan Haji hari ke 13.

Artikel: Roedy Harianto