Rekomendasi Seminar Istitaah Kesehatan Jemaah Haji

Sun, 02/10/2016 16:21:01   | Dilihat : 1431   Penulis : Admin2

REKOMENDASI ISTITA’AH KESEHATAN

Seminar Istita’ah Kesehatan Jemaah Haji di Jakarta, Jum’at 14 Maret 2014

Pusat  Kesehatan Haji, Kementerian  Kesehatan RI

  1. Dilakukan mudzakaroh untuk merumuskan kriteria dan panduan penetapan status dan kategori kesehatan jama’ah haji dengan melibatkan Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan Majelis Ulama Indonesia. Untuk menginventarisasi jenis-jenis penyakit yang perlu dibahas dalam mudzakaroh, maka perlu dibentuk kelompok kerja (POKJA) Ahli.
  2. Diperlukan penguatan diagnosis hasil pemeriksaan kesehatan jemaah haji melalui peningkatan mutu dan mekanisme rujukan dari Puskesmas ke Rumah Sakit secara terstandard. Untuk itu, perlu pengelolaan rujukan pemeriksaan kesehatan jemaah haji secara lebih baik.
  3. Penentuan batal/tunda (keberangkatan perjalanan haji) yang berkaitan dengan aspek kesehatan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, dengan melibatkan Kementerian Agama dan Majelis Ulama.
  4. Perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat berkenaan istita’ah berhaji, termasuk memberikan solusi secara syar’i terhadap kondisi spesifik penyakit tertentu yang dialami oleh jamaah haji.
  5. Perlu dirumuskan kriteria, persyaratan dan tugas pendamping jamaah haji udzur berdasarkan pertimbangan kebutuhan pelayanan kesehatan dan ketentuan syariat agama. Administrasi teknis tugas pendampingan didokumentasikan dalam Buku Kesehatan Jamaah Haji (BKJH).

NOTABENE:

Seminar diawali dengan pemaparan oleh keynote speech, Wakil Menteri Kesehatan dan Wakil Menteri Agama. Ulasan oleh Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Hadir secara kelembagaan, meliputi: Kementerian Agama (Direktur Pelayanan Haji Dalam Negri dan Direktur Pelayanan Haji Luar Negri), Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI), Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI), dan Organisasi Massa (Ormas) Islam. Dilakukan pembahasan oleh para praktisi, pakar dan pemerhati kesehatan haji dari berbagai daerah Indonesia.

Rumusan rekomendasi dibahas secara terbuka dan disepakati pada akhir sesi seminar. (ME,15/3/2014)