Foto Bagus Jepretan Smartphone..

Mon, 03/10/2016 09:50:49   | Dilihat : 766   Penulis : Admin2

"Gambar ini cakep banget. Lihat refleksinya, dapet nich. Gradasi cahayanya bagus.." komentar Pak Jon, profesional fotrografer saat mengomentari foto jepretan Anin. "Di mana ini ?", tanyanya lanjut.

Anin, menukas, "Di Ciloto...." 

Pak Harmen, juga memberikan komentar yang senada, "Teman-teman sudah banyak menghasilkan gambar yang bagus. Tinggal melatih dan memperbanyak latihan. Kapan cari waktu lagi untuk bedah foto ya...".

Suasana meriah dan semangat terus mengalir dari awal sesi hingga larut, saat mengikuti sesi Cara Memotret Profesional pada pelatihan pengelolaan website Pusat Kesehatan Haji di Hotel Santika, Taman Mini. Peserta getol mengambil gambar sana-sini. Walhasil, Pak Kamal, Pak Hasrun dan Heri yang didapuk menjadi model-foto menjadi objek yang bagus untuk diambil gambarnya. Sangking semangatnya, rencana menutup sesi sampai tertunda berulang kali. Peserta terus saja menyodorkan banyak foto hasil jepretan smart-phonenya agar peroleh kritisi dari profesional fotografer. 

"Kita bisa menghasilkan gambar yang bagus. Bukan karena jenis kameranya, melainkan cara fotografer mengambil gambar. Penting diperhatikan prinsip-prinsip fotografi, agar gambar tampil hidup dan mampu bercerita banyak." jelas Pak Jon, saat menjawab pertanyaan keharusan punya kamera canggih untuk menghasilkan jepretan bagus. "Kamera bagus, cara ambil gambar juga harus bagus. Membandingkan kamera, mesti sebanding..."

 "Baiklah, untuk lanjutannya... Dipersilakan semua teman-teman untuk mengambil gambar dari masa operasional haji, baik di Embarkasi dan Arab Saudi untuk kita mintakan kritisi dari pakarnya. Kabarkan ke semua teman-teman yang sedang bertugas di Saudi agar rajin ambil gambar momentum operasional.." tutup Mawari Edy, Kabid Pelayanan dan PSD Kesehatan Haji di akhir sesi.

Keluar dari ruangan, para peserta nampak telah peroleh gaya baru untuk berpose baik dan mampu memilih sudut pengambilan gambar yang bagus. Semoga dengan ketrampilan dasar-dasar fotografi, momentum-momentum penting dan indah dalam operasional haji dapat ditangkap oleh kamera dan hadir ke masyarakat dengan indah.

Artikel oleh ME.16/09/2014.