PERTEMUAN KOORDINASI PENYELENGGARAAN KESEHATAN HAJI PROVINSI RIAU TAHUN 2017

Thu, 09/03/2017 08:57:45   | Dilihat : 2714   Penulis : SUPER ADMIN

PERTEMUAN KOORDINASI PENYELENGGARAAN KESEHATAN HAJI PROVINSI RIAU TAHUN 2017

Undang-Undang Nomor 13 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji menyatakan bahwa penyelenggaraan ibadah haji bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya kepada jemaah haji. Untuk mendukung hal tersebut diperlukan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan yang optimal kepada jemaah haji, sehingga tercapai taraf Istithaah kesehatan. Agar tercapai kriteria tersebut, harus dilakukan berbagai upaya sejak dini di Tanah Air, yang diatur melalui Permenkes Nomor 15 tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji. Amanat Permenkes tersebut harus diterapkan pada setiap level, baik pada tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota. Penerapannya harus sesuai dengan standar yang dilaksanakan secara terpadu dengan melibatkan lintas program /lintas sektor terkait, termasuk peran serta masyarakat.

Oleh karena itu dilaksanakan Pertemuan Koordinasi Penyelenggaraan Kesehatan Haji di di Provinsi Riau Tahun 1438H/2017M. Maksud diselenggarakannya adalah untuk meningkatkan koordinasi dalam perencanaan dan pelaksanaan implementasi Permenkes Nomor 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji dan Permenkes Nomor 62 Tahun 2016 tentang Penyelenggaran Kesehatan Haji, serta salah satu upaya peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Haji di Provinsi Riau.

Pertemuan ini dilaksanakan tanggal 6 – 8 Maret 2016, bertempat di Hotel Alpha Pekanbaru. Peserta Pertemuan berjumlah 43 orang yang berasal dari 12 kabupaten/kota serta lintas program/sektor di Provinsi, yaitu Kepala Bidang dan Kepala Seksi yang membawahi Program Kesehatan Haji   serta Kepala Seksi Haji & Umrah Kemenag Kab/Kota dari 12 kab/kota se-Prov. Riau, serta Peserta Provinsi (Ka. Bidang P2P, Ka. Seksi Surveilans & Imunisasi, Ka. Seksi PTM, Pengelola Program Kesehatan Haji dan Staf Seksi Surveilans & Imunisasi).   

Narasumber pada pertemuan ini berasal dari Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, yang dihadiri oleh Ketua Komite Ahli Kesehatan Haji Nasional (dr.H. Yusharmen, DCommH, MSc), Kepala Dinas Kesehatan Prov. Riau, Kepala Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Prov. Riau dan Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Bidang Kesehatan Provinsi Riau.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, diharapkan adanya kesamaan pemahaman mengenai Penyelenggaraan Kesehatan Haji, yaitu Pembinaan, Pelayanan dan Perlindungan Kesehatan Jemaah Haji, termasuk Pemantauan K3JH serta Rekrutmen Petugas. Selain itu juga terlaksana sinkronisasi pelaksanaan program/kegiatan yang mendukung pengembangan program kesehatan haji di masing-masing kabupaten/kota dalam mendukung Penyelenggaraan Kesehatan Haji Provinsi Riau Tahun 2017 (zhan).