Ahlan wa Sahlan Jemaah Haji Padang

Fri, 08/09/2017 18:08:30   | Dilihat : 1067   Penulis : SUPER ADMIN

Setelah selama 40 hari melaksanakan ibadah haji di tanah suci, jemaah haji kloter 1 padang akhirnya tiba ditanah air. Bersama pesawat garuda jenis Boeing 777 yang membawa mereka dari Jeddah mendarat di Bandara Internasional Minang Kabau hari Kamis, 7 September sekitar pukul 06.30 WIB.

 “Merdu bunyinya Murai Batu, dibeli orang dari Teluk Bayur  selamat kembali jemaah haji kloter 1 Insya Allah semua menjadi haji Mabrur”, demikian diawal sambutan Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat, Drs. Salman, MM.

Kepada seluruh jemaah haji, Ka Kanwil mengucapkan selamat datang kembali ke tanah air dan selamat berkumpul kembali dengan keluarga.  Beliau juga meningatkan bahwa dengan menyandang predikat haji dan hajjah diharapkan lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan menjadi teladan di masyarakat.

Acara penyambutan ini dihadiri oleh para pejabat dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Pemerintah Daerah dan ormas Islam di Provinsi Sumatera Barat. Jemaah haji kloter 1 Padang yang berasal dari Kota Padang ini diserah dari Ketua Kloter Kepada Wali Kota Padang yang diwakili oleh Kabag Kesra.

Dalam kesempatan sama Kementerian Kesehatan yg diwakili Kabag TU Pusat Kesehatan Haji menyampaikan pesan dari Menteri Kesehatan  agar jemaah haji dapat berbagi pengalaman dan tips tetap sehat selama beribadah kepada calon jemaah haji dilingkungannya. Disampaikan juga bahwa selama 14 hari kedepan jemaah haji berada dalam pengawasan petugas kesehatan di puskesmas. Bagi jemaah haji yang mengalami sakit agar segera berobat ke puskesmas dengan membawa Buku Kesehatan Jemaah Haji (BKJH).

Jemaah haji yang masuk ke asrama debarkasi Padang diperiksa suhu tubuhnya menggunakan thernmal scan yang dipasang dipintu masuk aula. Skrining kesehetan ini dilakukan untuk menjaga kemungkinan adanya jemaah haji menderita penyakit menular yang terbawa selama menjalankan ibadah haji.

Jumlah jemaah haji Kloter 1 padang yang tiba seluruhnya berjumlah 392 orang terdiri dari jemaah pria 159 orang dan jemaah wanita 233 orang, dengan didampingi oleh 5 orang petugas kloter, 3 orang tim kesehatan (TKHI) dan 2 orang tim pembimbing ibadah haji. Jemaah kloter 1 yang wafat di Tanah Suci ada 1 orang yaitu Syamsul Bahri Manaf pada tanggal 8 Agustus di RS Annur.

Selama prosesi penerimaan jemaah di asrama haji Padang ada 10 orang yang perlu mendapat perawatan di klinik embarkasi dan 1 orang tepaksa di rujuk ke RS Djamil karena perlu mendapatkan perawatan lebih lanjut akibat menderita luka bakar (combustion grade II). (DK)