GEMMAS: Gerakan Memakai Masker

Sun, 31/07/2016 12:49:49   | Dilihat : 1171   Penulis : Admin

Caption: Kamis (10/9/2015). Menteri Agama RI (Lukman Hakim Saefudin), SAM Kementerian Kesehatan (dr.Chairul Rajab Nasution, SpPD) dan Dirjen PHU (Abdul Jamil) memakaikan masker kepada perwakilan Jemaah Haji Kloter BTH-17 di Terminal Haji KAAIA Jeddah dalam rangka peluncuran Gerakan Memakai Masker (GEMMAS).

Setiba di Terminal Haji-KAAIA Jeddah pada Kamis sore, 10 September 2015, rombongan amirul haj yang dipimpin oleh Menteri Agama, menyapa jemaah haji yang tengah bersiap berihram dan bertolak menuju kota Makkah.  

Pada kesempatan sambutan, Menteri Agama RI yang didampingi oleh SAM Menteri Kesehatan memberikan edukasi kesehatan bagi jemaah haji dalam rangka menjaga kesehatan. Sehat adalah penting, sebagai modal untuk mengerjakan segenap rangkaian proses ibadah di Tanah Suci. Untuk itu, perlu ikhtiar untuk menjaga kesehatan agar.

Dalam rangka menjaga kesehatan, salah satu tips-nya adalah memakai masker. Untuk itu, jemaah perlu diingatkan untuk senantiasa mengenakan masker, khususnya saat berada di keramaian orang atau lingkungan terbuka. Jemaah haji telah dibekalkan masker saat di asrama Haji Embarkasi.

Cuaca Arab Saudi yang panas dan kering perlu diwaspadai, karena mengandung risiko kesehatan. Sebagaimana dikabarkan, bahwa pada (Selasa, 9/9/2015) telah terjadi badai pasir di kota Jeddah dan membuat udara mengandung debu. (Silahkan lihat artikel Udara Berdebu. Pakailah Masker! )

Kepada Jemaah Haji Kloter PLM-14 dan BTH-17 yang tiba di Jeddah, dr. Chairul mengingatkan agar senantiasa menjaga kesehatan dengan cara hidup bersih dan sehat. “Jagalah kesehatan, dengan cara, antara lain: cukup minum, memakai masker, cuci tangan. Semoga terjaga kesehatannya sehingga bisa mengerjakan haji dengan sempurna.”

Program GEMMAS diperlukan untuk memicu dan memacu cara hidup sehat jemaah selama perjalanan haji di Arab Saudi. “Tersedia brosur edukasi kesehatan terbitan Pemerintah Arab Saudi yang salah satunya berisi anjuran memakai masker. Memakai masker penting, meski dalam kondisi berihram. Semoga ini menjadi ikhtiar optimal untuk menjaga kesehatan jemaah haji selama di Tanah Suci dalam kondisi cuaca panas seperti sekarang,” jelas Kabid Kesehatan, Dr. Edy.

Artikel: ME, 10/9/2015.