TKHI JANGAN HANYA SEBAGAI PETUGAS RUJUKAN

Fri, 04/05/2018 17:39:51   | Dilihat : 1516   Penulis : SUPER ADMIN

Demikian salah satu arahan yang disampaikan oleh Kepala Pusat Kesehatan Haji, Dr.dr. Eka Jusup Singka, MSc pada saat Pertemuan Evaluasi Triwulan Penyiapan Penyelenggaraan Kesehatan Haji Tahun 1439H/2018M. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Pekanbaru tanggal 2- 4 Mei 2018 tersebut, dihadiri oleh pengelola program kesehatan haji dari 34 provinsi dan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dari 18 embarkasi se-Indonesia.

Dalam arahannya Kapus antara lain menyampaikan agar petugas Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) kloter dapat melayani jemaah dengan seoptimal mungkin, dengan mengerahkan semua sumber daya yang ada supaya jemaah dapat ditolong pada kesempatan pertama, termasuk melakukan tindakan medis yang diperlukan sesuai indikasi. “Jangan sampai setiap ada kasus di kloter langsung dirujuk, karena TKHI bukan hanya sebagai petugas rujukan. Tapi jangan sampai pula terlambat mendeteksi tanda-tanda kegawatan sehingga terlambat dirujuk ke KKHI/RSAS.”  

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan gelang risti warna orange untuk 8 provinsi yang jemaahnya menggunakan Kartu Kesehatan Jemaah Haji (KKJH) RFID, sedangkan jemaah provinsi lain, tanda risti sudah tercetak pada KKJH masing-masing.

Kegiatan ini diselingi juga dengan kunjungan ke lokasi sejarah Istana Siak Sri Indrapura di Kabupaten Siak. (zhan)