Puskeshaji Perkuat Sistem Informasi Kesehatan Haji dengan Kementerian Agama

Tue, 12/02/2019 12:43:18   | Dilihat : 542   Penulis : Pusat Kesehatan Haji

Makassar, 6 Februari 2019

Pusat Kesehatan Haji mengadakan Pertemuan Orientasi dan Penguatan Sistem Informasi Kesehatan Haji Tahun 1440 H/2019 M bertempat di Hotel Gammara di Makassar, Sulawesi Selatan. Pertemuan ini diadakan untuk memperkuat koordinasi antara SISKOHAT Kementerian Agama dan SISKOHATKES Kementerian Kesehatan, untuk kelancaran penyelenggaraan kesehatan haji dalam meningkatkan pengetahuan mengenai kebijakan penyelenggaraan kesehatan haji serta meningkatkan keterampilan dalam penggunaan aplikasi Siskohatkes terkait dengan Kartu Kesehatan Jemaah Haji Indonesia.

Pada pertemuan ini, Kepala Pusat Kesehatan Haji, Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc, menyatakan bahwa masa pelunasan biaya perjalanan ibadah haji tinggal menunggu hari lagi. Untuk itu, dirinya meminta seluruh anggota Tim Penyelenggara Kesehatan Haji segera memeriksa dan menjaga kesehatan jemaah haji sehingga mencapai persyaratan Istitha’ah. Namun dirinya juga menegaskan jika jemaah haji yang tidak memenuhi syarat Istitha’ah kesehatan tidak dapat melakukan pelunasan.

Acara ini mengundang Direktur Pengelola Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu Kementerian Agama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar, Pejabat Struktural Pusat Kesehatan Haji, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama seluruh Indonesia, serta Kepala Dinas Provinsi seluruh Indonesia. (Nn & Zl)