Pelatihan TKHI di Bapelkes Medan

Wed, 27/02/2019 11:36:10   | Dilihat : 386   Penulis : Pusat Kesehatan Haji

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan haji tahun 2019 di daerah yang tergabung pada Embarkasi MES, Kementerian Kesehatan telah melakukan pelatihan bagi tenaga kesehatan haji Indonesia di Balai Pelatihan Kesehatan Medan, Sumatera Utara. Peserta pelatihan berjumlah 66 orang merupakan hasil seleksi tenaga kesehatan haji yang telah dilakukan Kementerian Kesehatan pada tahun 2018.

Para peserta latih mendapat pembekalan antara lain bagaimana melayani Jemaah Haji sejak mulai keberangkatan, selama di perjalanan maupun pada saat di arab Saudi.

“Saya ingin bertanya, mengapa saudara-saudara dikumpulkan di ruangan ini,” pertanyaan dari Dr. dr. Eka Yusup Sinka, MSc selaku Kapuskeshaji dalam arahannya pada peserta pelatihan. Pertanyaan tersebut disampaikan kepada peserta untuk mengingatkan kembali hakekat menjadi petugas kesehatan haji. Dalam penjelasannya, dr. Eka mengatakan bahwa diadakanya pelatihan Petugas Kesehatan Haji merupakan amanat UU Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Haji

Lebih jauh disampaikan oleh dr. Eka, bahwa menjadi petugas haji bukanlah sesuatu yang sederhana, karena akan berhadapan dengan berbagai masalah kesehatan yang cukup kompleks. Namun demikian, menurut Kapuskeshaji dengan niatan mengabdi dan mencari ridlo Allah maka Insya Allah tugas pelayanan kesehatan haji dapat ditunaikan dengan baik.

Dalam paparanya, dr. Eka menjelaskan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan haji di arab Saudi adalah perilaku Jemaah Haji. Untuk itu Kapuskeshaji meminta agar para petugas tidak bosan-bosan menyarankan ke Jemaah Haji untuk selalu menjaga kesehatannya antara lain dengan mengingatkan Jemaah agar sarapan terlebih dahulu sebelum beraktifitas seperti pergi ke Masjidil Haram, menggunakan alat pelindung diri, memperbanyak makan sayur dan buah, banyak minum, dan bagi Jemaah yang perlu  minum obat agar diminum tepat waktu sesuai anjuran dokter. (RK)