Sosialisasi Istithaah Kesehatan Jemaah Haji di Kabupaten Bone

Sun, 03/03/2019 18:04:39   | Dilihat : 399   Penulis : Pusat Kesehatan Haji

Bone, 25 Februari 2019

Menindak lanjuti amanat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 62 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Haji dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Haji, Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan sebagai upaya pembinaan kesehatan jamaah haji. Salah satu kegiatan upaya pembinaan kesehatan jemaah haji adalah kegiatan Sosialisasi Haji Sehat yang diselenggarakan di Kabupaten Bone, provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 23 Februari 2019.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone dan dihadiri oleh anggota komisi IX DPR RI, bapak H. Samsul Bahri, M.Sc, pejabat dari Kementerian Agama kabupaten Bone dan pejabat dari Pusat Kesehatan Haji yaitu bapak Iwan Kurniawan, SE. Kegiatan Sosialisasi Haji Sehat di Kabupaten Bone diisi dengan kegiatan outdoor berupa pemeriksaan kesehatan, peregangan dan pengukuran kebugaran dengan metode Rockport yaitu berjalan kaki atau berlari sejauh 1600 meter.dan kegiatan indòor berupa penyampaian materi dan berbagi pengalaman untuk calon jamaah haji khususnya tentang pentingnya istithaah kesehatan.

Pada kegiatan ini dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap jemaah haji yang diikuti oleh 118 jamaah haji Kabupaten Bone antara lain pengukuran tekanan darah, gula darah, kolestrol dan dilanjut dengan deteksi dini kesehatan jiwa, dengan hasil 70 jemaah haji memilki risiko tinggi atau menderita penyakit. Acara diakhiri dengan pemutaran film berisi penyuluhan haji dan tanya jawab. (HR)