Gizi Sehat Bagi Jemaah Haji Sebelum Keberangkatan dan Saat di Tanah Suci

Tue, 05/03/2019 14:40:11   | Dilihat : 640   Penulis : SUPER ADMIN

Memasuki musim haji, para jamaah sebaiknya telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Hal yang paling penting bagi para jamaah haji adalah menjaga kesehatan. Mengapa? Dengan kondisi badan yang prima, Jemaah Haji akan bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan sempurna.

Mempersiapkan kondisi fisik sejak di tanah air sehingga mampu melakukan kegiatan pada cuaca dan iklim di Arab Saudi yang jauh berbeda dengan kondisi di tanah air. Untuk mendapatkan kondisi fisik yang prima perlu asupan gizi yang sehat dan seimbang. Jemaah haji perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Agar selalu makan terlebih dahulu sebelum beraktifitas 

2. Perbanyak makan sayuran yang berwarna hijau, buah-buahan yang berwarna dan banyak mengandung cairan, pilihlah jenis yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, apel.

3. Pilih makanan yang bersih, perhatikan yang masih baik, utuh dan tidak kadaluarsa

4. Bila mendapatkan makanan dari katering, periksa keadaan makanan. Segera untuk mengkonsumsi makanan yang disediakan oleh katering sesuai waktu yang tertera ditutup makanan.

5. Tidak menunda/menyimpan makanan lebih dari 2 jam, karena akan rusak (basi dan berlendir)

6. Tidak makan terlalu kenyang dan tidak banyak mengandung lemak, gula dan garam.

7. Minum air yang cukup, atau air zamzam 1 gelas ( 200 cc) setiap jam.

8. Konsumsi buah kurma secukupnya

9. Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir

10. Lakukan aktifitas fisik yang cukup

Makan sehat, gizi cukup dan seimbang berdampak pada kondisi tubuh yang prima dan sehat sehingga dapat melaksanakan ibadah haji yang lancar dan meraih haji mabrur. (SD)