100 Persen Jemaah Haji Kota Padang Panjang mengikuti Kegiatan Sosialisasi Istitha'ah

Fri, 22/03/2019 13:08:53   | Dilihat : 89   Penulis : Pusat Kesehatan Haji

Seluruh Jemaah Haji Kota Padang Panjang Sumatera Barat mengikuti kegiatan Sosialisasi Istitha'ah Kesehatan Haji yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan di Kota Padang Panjang Sumatera Barat pada Kamis (21/3/2019). Kegiatan ini difasilitasi oleh Pusat Kesehatan Haji dan dihadiri oleh Komisi IX DPR RI dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI Komisi IX, dr.H.Suir Syam, M.Kes, MMR, mengatakan kegiatan ini untuk mengetahui dan mengendalikan faktor risiko kesehatan haji.”Agar  tetap terjaga dan terpantau kesehatannya sebelum berangkat, dan ketika di tanah suci  sehingga dalam menjalankan ibadah haji terlaksana dengan baik dan tercapai tujuannya menjadi haji yg mabrur,” tutur Suir Syam.

Turut hadir dari wakil Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Wahyu Salim, S.Ag yang mengatakan, Istitha'ah kesehatan jemaah haji yg tertuang dalam Permenkes Nomor 15 tahun 2016 untuk menilai para jemaah haji memenuhi syarat istitha'ah,agar jemaah haji dapat melaksanakan rukun dan wajib haji sesuai tuntunan syariat islam.

Kegiatan Istitha'ah ini meliputi pemeriksaan penyakit tidak menular,  cholesterol,gula darah,kesehatan jiwa dan pengukuran kebugaran jemaah haji. (AS & AH)