Jemaah Haji Tetap Antusias Mengikuti Pengukuran Kebugaran dan Pemeriksaan Kesehatan Meski Diguyur Hujan

Mon, 25/03/2019 11:43:03   | Dilihat : 100   Penulis : Pusat Kesehatan Haji

Sabtu, 23 Maret 2019

Dalam rangka mempersiapkan keberangkatan jemaah haji tahun 2019, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Bengkulu melakukan pengukuran kebugaran bagi calon jemaah haji kota Bengkulu. 

Kegiatan yg dilaksanakan pada hari Sabtu 23 Maret 2019 diikuti 200 calon jemaah haji kota Bengkulu. Ketua Pelaksana, Andy Yeni mengatakan dirinya sangat bersyukur karena meski dalam kondisi hujan, jemaah haji tetap antusias mengikuti kegiatan tersebut. "Alhamdulillah acara berjalan lancar dan sukses walaupun diawali dengan hujan tapi tidak mematahkan semangat jemaah haji untuk mengikuti kegiatan bahkan mereka tetap antusias dan sudah datang dari jam 5.30 pagi" ujarnya.

Dengan pemeriksaan kesehatan dan kebugaran ini diharapkan jemaah akan mengetahui lebih dini kondisi kesehatanya agar nanti dapat dipersiapkan sehingga pada saat waktunya keberangkatan,  para jemaah haji telah siap dengan kesehatannya dan dapat menjalankan ibadah haji dengan sempurna.

Acara yang diadakan di halaman salah satu Hotel dekat pantai panjang, kota Bengkulu. Acara dibuka oleh Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si. selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi. Dirinya mengimbau jemaah haji untuk tidak menyembunyikan penyakitnya dengan alasan agar dapat diizinkan melaksanakan ibadah haji, justru jika terdeteksi lebih dini akan memudahkan tim kesehatan untuk mempersiapkan kesehatannya untuk pergi ke tanah suci.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Susilawati, SKM, M.Kes juga mengimbau agar jemaah haji dapat melakukan kegiatan fisik mulai dari 6 bulan sebelumnya agar lebih bisa mempersiapkan kebugarannya di tanah suci nanti yang lebih banyak melakukan aktivitas fisik.

 Acara ini diisi juga dengan sosialisasi haji sehat. Dalam paparanya, Kepala Bagian Tata Usaha Pusat Kesehatan Haji, Rahmat Kurniadi, S.Sos, M.Kes menyampaikan pentingnya  istithaah bagi jemaah haji.  Dirinya juga mengimbau jemaah haji khususnya yang masih berusia muda untuk saling membantu dan mengingatkan terkait kesehatan selama di Arab Saudi nanti sebab petugas kesehatan tidak bisa bekerja sendiri.

Lebih jauh Lisyenti Bahar, SKM, MPPM menyampaikan paparan tentang cara sehat bagi jemaah haji.menurutnya, jemaah haji belum bisa memahami kesehatan dirinya sendiri. Untuk itu, dirinya meminta petugas kesehatan aktif mengkomunikasikan kepada jemaah haji terkait cara menjaga kesehatannya.

Dalam cara ini juga hadir 30 petugas pemeriksa yang merupakan tim pemeriksaan calon jemaah haji dari 5 puskesmas di kota Bengkulu yaitu ada  puskesmas Suka Merindu, Nusa Indah, Pasar Ikan, Lingkar Timur, dan puskesmas Jalan Gedang. (RK/NN)