Kuota Haji 1436 H Telah Ditetapkan

Sun, 31/07/2016 15:43:16   | Dilihat : 1361   Penulis : Admin

Jakarta, April 2015. Menteri Agama RI telah menetapkan kuota haji Indonesia tahun 1436 melalui Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2015 Tentang Penetapan Kuota Haji Tahun 1436H/2015 M. Dokumen selengkapnya, silakan unduh DI SINI.

KMA tersebut dinantikan di setiap masa persiapan penyelenggaraan haji. Dengan penetapan tersebut, maka persiapan pelayanan kesehatan haji mendapatkan angka dasar perhitungan. Angka dasar perhitungan penting bagi pengelolaan sumber daya, khususnya alokasi dan distribusi logistik.

Sebaran asal jemaah pada tiap-tiap provinsi di Indonesia menjadi dasar alokasi jumlah logistik kesehatan, antara lain: distribusi Buku Kesehatan Jemaah Haji (BKJH), vaksin Meningitis meningokokus dan kelengkapannya, prediksi jumlah Kelompok Terbang (KLOTER) Jemaah Haji, perencanaan jenis dan jumlah obat dan perbekalan kesehatan lainnya, jumlah paket obat jemaah di setiap Embarkasi/Embarkasi Antara, target cakupan pemeriksaan kesehatan jemaah haji setiap Kabupaten/Kota, jumlah petugas kesehatan yang menyertai jemaah, dan beberapa hal lainnya.

Terdapat beberapa angka pada KMA ini yang perlu menjadi perhatian dan diberikan apresiasi. Angak tersebut merupakan bukti komitmen Menteri Agama RI dalam mendukung penyediaan layanan kesehatan bermutu bagi jemaah haji, yaitu: (1). Tetap adanya sejumlah 1.151 orang petugas daerah dalam kuota 155.200 orang, (2). Adanya kuota 151 dokter untuk PIHK pada kuota BPIH Khusus sebanyak 13.600 orang.

Kedua angka tersebut patut menjadi perhatian bagi jemaah dan masyarakat. Pada sejumlah petugas haji daerah telah ada ketentuan tentang penugasan petugas kesehatan haji daerah, lazim disebut dengan TKHD (Tim Kesehatan Haji Daerah). Redaksi mencatat dua provinsi yang memiliki kontinyuitas dalam penugasan, yaitu DKI Jakarta dan Yogyakarta. Semoga beberapa Provinsi lain dapat terdorong untuk mengikuti jejak kebijakan keduanya.

Untuk Dokter yang dikerahkan oleh PIHK, data pelaporan di Pusat Kesehatan Haji belum sebanyak jumlah dalam alokasi tersebut. Semoga, pada tahun 1436 jumlah petugas Dokter yang direkrut oleh PIHK dan melapor adalah sejumlah petugas yang dialokasikan. (ME/05/04/2015).