Pertemuan Penyusunan Pedoman Kedokteran Penerbangan Haji bagi Dokter

Sat, 11/05/2019 12:14:25   | Dilihat : 458   Penulis : Pusat Kesehatan Haji

Jakarta, 10 Mei 2019 - Praktisi Kedokteran Penerbangan di Jakarta dan Pusat Kesehatan Haji mengadakan pertemuan Penyusunan Pedoman Kedokteran Penerbangan Haji bagi Dokter di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Jakarta (BBPK) Cilandak pada tanggal 10 - 11 Mei 2019. Dalam pertemuan ini diharapkan menghasilkan buku berupa pedoman tentang Kedokteran Penerbangan Haji bagi petugas dokter baik Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) maupun Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Kepala Pusat Kesehatan Haji, Dr.dr. Eka Jusup Singka, MSc. dalam sambutannya mengatakan bahwa kontribusi Kedokteran Penerbangan ini merupakan hal yang baru dalam kesehatan haji. Puskeshaji akan mendukung Praktisi Kedokteran Penerbangan dalam penyusunan buku pedoman ini. Sebelumnya Puskeshaji juga telah bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiologi Indonesia (PERKI) dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI). Dan kedua perhimpunan ini telah menghasilkan buku pedoman untuk kesehatan haji.

"Buku ini akan jadi referensi untuk TKHI. Buku ini juga dapat dimasukkan dalam pelatihan TKHI. Buku ini diharapkan ringkas dan aplikatif untuk dokter, dapat menjadi pedoman dokter saat penerbangan", kata Eka.

"Dalam buku ini juga akan dijelaskan penyakit- penyakit yang berbahaya jika terbang dan penyakit-penyakit yang timbul/diperberat akibat penerbangan. Semoga buku ini cepat tersusun dan nantinya akan dicetak", kata Eka. (ENN)