Puskeshaji Siapkan Profil Kesehatan Jemaah Haji Untuk Memberikan Pelayanan Kesehatan Terbaik Bagi Jemaah Haji

Thu, 16/05/2019 23:45:47   | Dilihat : 148   Penulis : Pusat Kesehatan Haji

Bogor, 16 Mei 2019 - Berdasarkan amanat Undang-Undang No. 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, Kementerian Kesehatan diberikan tanggungjawab di bidang pelayanan kesehatan dalam proses penyelenggaraan ibadah haji. Untuk itu, sesuai dengan Permenkes No. 15 Tahun 2016 tentang kesehatan jemaah haji maka perlu adanya pemeriksaan dan pembinaan jemaah haji agar mencapai kondisi istitha’ah kesehatan.

Berdasarkan hal tersebut, Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan sebagai pihak yang mengemban tanggungjawab terhadap kesehatan jemaah haji ini, berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji, salah satunya dengan membuat profil kesehatan jemaah haji. Pembuatan Profil Kesehatan Jemaah Haji tahun 1440H/2019M ini bertujuan untuk menggambarkan kesehatan jemaaah haji tahun ini agar dapat menjadi acuan dalam intervensi dan pengendalian faktor risiko kesehatan jemaah haji.

Profil Kesehatan Jemaah Haji ini disusun Pusat Kesehatan Haji dan dibantu tim dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan di Sentul Bogor, Jawa Barat. Harapannya, dengan tersusunnya profil kesehatan jemaah haji ini dapat membantu pelaksanaan Pelindungan dan Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan Haji sesuai standar dalam upaya menuju Istitha’ah Kesehatan Jemaah Haji tahun 2019. (NN)