Penyusunan Rencana Kerja Puskeshaji Tahun 2020

Tue, 21/05/2019 22:06:16   | Dilihat : 189   Penulis : Pusat Kesehatan Haji

Jakarta, 21 Mei 2019 - Arah kebijakan dan strategi RPJMN untuk Penguatan Pelayanan Kesehatan tahun tahun 2020-2024 difokuskan pada Pelayanan kesehatan komprehensif berdasarkan siklus hidup dengan prioritas sasaran individu dan keluarga melalui pelayanan kesehatan primer serta menjadikan fungsi kesehatan masyarakat sebagi elemen pokok dari pelayanan kesehatan yang terintegrasi.

Untuk melaksanakan arah kebijakan dan strategi tersebut Pusat Kesehatan Haji melaksanakan pertemuan Rencana Kerja Pusat Kesehatan Haji tahun 2020. Kegiatan
dilaksanakan selama dua hari (20-21 Mei 2019) di Hotel Wyndham, Casablanca Jakarta. Acara dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha Puskeshaji, Rahmat Kurniadi S.Sos, M.Kes. dengan nara sumber Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran, Drs. Bayu Teja Muliawan, Apt. M.Pharm, MM, dan Gunawan Suprayogi dari Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan.

Dalam arahannya Bayu Teja menyatakan bahwa usulan anggaran dalam kegiatan Pusat Kesehatan Haji harus mengacu pada pencapaian indicator sesuai pokok RPJMN 2020 - 2024. Untuk mencapai indikator kinerja ini maka perlu adanya inovasi strategi pada tahun 2020, sehingga keberhasilan target dapat tercapai dengan memperhatikan relevansi dengan tupoksi dan kewenangan.serta keterkaitannya dengan indikator.

Dalam penjelasannnya, Gunawan menyatakan sesuai Pasal 3 Undang Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, keuangan negara harus dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab dan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan. Gunawan juga menyampaikan harapan Menteri Keuangan agar perencanaan keuangan berdasar “value for money” yang berarti keuangan yang dikelola harus seluas luasnya untuk kepentingan masyarakat (jemaah haji). (ZL, OMG)