Penyusunan Petunjuk Teknis Operasional Siskohatkes bagi Petugas Haji di Kabupaten Kota Embarkasi Debarkasi

Thu, 23/05/2019 21:50:41   | Dilihat : 253   Penulis : Pusat Kesehatan Haji

Bogor, 23 Mei 2019 - Siskohatkes merupakan aplikasi dan teknologi informasi yang memfasilitasi kebutuhan pengumpulan data, pengolahan data, dan melakukan komunikasi cepat pelayanan kesehatan haji Indonesia yang terpadu dengan Sistem Komputerisasi Kementerian Agama (Siskohat). Dalam memudahkan petugas dalam menggunakan Siskohatkes maka petugas harus mempunyai petunjuk teknis baku dalam mengoperasikannya. Pusat Kesehatan Haji melaksanakan pertemuan di Swiss-Bell Hotel Bogor, tanggal 22-25 Mei 2019 untuk membahas Juknis tersebut.

Kepala Pusat Kesehatan Haji, Dr. dr. Eka Jusuf Singka, MSc mengusulkan agar sasaran juknis adalah tentang teknis operasional bagi petugas Siskohatkes di Kabupaten/Kota dan Embarkasi. Selain itu, Eka juga menyatakan dalam penyusunan Juknis Siskohatkes harus memfasilitasi kebutuhan petugas dalam menyelesaikan masalah Siskohatkes di daerah, sehingga tidak merugikan kepentingan Jemaah Haji terutama dalam masa pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih). Untuk mempertahankan keberlangsungan server Siskohatkes, Eka juga menyarankan Pengembang Siskohatkes disamakan dengan pengembang Siskohat

Pertemuan tersebut juga dihadiri peserta dari Kementerian Agama dan Pusdatin Kemenkes. Harapan Pusdatin dalam jalannya aplikasi dan perangkatnya tidak akan ada kendala secara sistem, sehingga di perlukan Tim auditor yang selalu memantau kejadian diluar kendali. (ZL, OMG, NN)