PKHI-Ku: Aplikasi Android Rekrutmen PKHI

Sun, 31/07/2016 15:47:54   | Dilihat : 2635   Penulis : Admin

Banyaknya peminat yang menemui kendala dalam proses rekrutmen PKHI menjadi salahsatu tantangan bagi Pusat Kesehatan Haji untuk memperbaiki dan menyempurnakan aplikasi. Salahsatunya adalah dengan aplikasi berbasis android bernama PKHI-ku.

PKHI-ku merupakan bentuk sederhana dari aplikasi rekrutmen PKHI. Beberapa fitur dalam PKHI-ku tidak terdapat dalam aplikasi Rekrutmen yang berada di web. Berikut dicoba sedikit diulas mengenai PKHI-ku.

Apilkasi PKHI-ku berjalan di handphone android dengan spesifikasi minimal android versi 2.3.

Aplikasi PKHI-ku dapat didownload di link (http://puskeshaji.depkes.go.id/rekrutmen/android.apk), setelah didownload bisa diinstal / dipasang pada handphone dan kemudian dijalankan dengan mengakses logo PKHI-ku.

Aplikasi berjalan dengan menggunakan akses internet, jadi dipastikan saat menggunakan terhubung dengan akses internet.

LOGIN

Tampilan pertama yang dapat dilihat saat membuka aplikasi PKHI-ku. Menu ini hanya sebagai halaman pembuka dimana ada tulisan “LOGIN” yang bila disentuh akan mengantar kita pada halaman berikutnya dimana kita diharuskan untuk melakukan proses login. Masukan Nomor Akun (NA) dan password yang digunakan untuk login di akun rekrutmen kemudian tekan tombol LOGIN, tunggu beberapa saat sampai proses login selesai dan mengatarkan kita pada halaman utama. Bila Login gagal akan muncul pesan kesalahan dalam proses login.

HOME / Menu Utama / Selamat Datang

Halaman pertama muncul setelah berhasil login, berisi beberapa penjelasan singkat mengenai beberapa fitur yang ada dalam PKHI-ku. Dari menu ini kita dapat mengakses semua fitur yang ada.

Inbox

Semua informasi yang dikirim terkait Rekrutmen PKHI ada dalam menu ini. Informasi yang ada sama dengan inbox pada akun di web rekurtmen. Jadi sekarang bisa mengakses informasi yang terbaru menggunakan handphone.

Kartu Akun

Menu ini menjadi salahsatu kelebihan dari aplikasi. Peminat dapat secara langsung menampilkan hasil cetak kartu akun dalam layar handphone, sehingga tidak perlu lagi membawa hasil print kartu akun dalam proses rekrutmen kedepannya. Hanya tinggal menujukan kartu akun dalam handphone bisa menjadi identitas yang dapat dikenali oleh barcode scaner.

Bantuan

Berisi berbagai informasi guna membantu peminat dalam menjalani proses rekrutmen PKHI. Informasi disusun berdasarkan kataog dengan kategori-kategori tertentu. Bila terdapat kesulitan dan kendala bisa merujuk pada informasi yang terdapat pada menu ini.

Linimasa

Menu yang munggkin diminati bagi mereka yang selalu update dan eksis akan statusnya. Menu ini menerapkan udpadting status seperti yang ada pada portal-portal media sosial seperti facebook. Dalam pemanfaatannya nanti bisa berguna sebagai sarana komunikasi dan sebagai pemantau dan mendia pelaporan petugas.

Berita

Kolom tempat informasi-informasi baru yang akan tersampaikan langsung ke PKHI-ku. Berbeda dengan inbox yang merupakan copy atau kembaran dari inbox yang ada di akun, informasi pada menu ini bisa lebih dinamis, beragam dan disesuaikan dengan keperluan.

Contact

Bila masih terkendala dan menemui masalah terkait rekrutmen PKHI bisa disampaikan melalui menu ini. Sebagai sarana yang disediakan guna menampung semua kendala dan masukan sekaligus sebagai sarana komunikasi yang disediakan secara resmi.

Untuk lebih jelasnya kami persilahkan untuk mencoba secara langsung aplikasi ini. Semoga dapat memberikan manfaat dan membantu para penggunanya.