Puskeshaji dan MUI Diskusikan Fatwa Penggunaan Masker Saat Berihram

Fri, 30/08/2019 19:56:19   | Dilihat : 235   Penulis : Pusat Kesehatan Haji

Jakarta, 30 Agustus 2019 - Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan selenggarakan Pertemuan Focus Group Discussion (FGD) tentang Penggunaan Masker Saat Berihram bersama Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Hotel Aston Simatupang Jakarta.

Dalam pertemuan ini, hadir Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Dr. dr. Eka Jusup Singka, Ketua Bidang Fatwa, Huzaemah T. Yanggo, Ketua Komisi Fatwa, Hasanuddin Abdul Fattah, dan Sekreraris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorum Ni'am Sholeh.

Dalam sambutannya, Sekreraris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi mengatakan saat ini Kementerian Kesehatan mengalami kendala dalam memberikan perlindungan kesehatan kepada jemaah haji dimana banyak Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang menolak jemaahnya menggunakan masker saat berihram. Maka dari itu, dibutuhkan dalil-dalil yang menjadi landasan dalam penetapan hukum yang terkait penggunaan masker saat berihram tersebut. 

Terselenggaranya pertemuan ini merupakan salah satu upaya Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan untuk menghimpun masukan dan pendapat dari Majelis Ulama Indonesia tentang penggunaan masker saat berihram. Tentunya, hal ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada jemaah haji agar tetap sehat hingga kembali ke Tanah Air. (NN)