Lupa Password Akun ? Inilah Solusinya !

Sun, 31/07/2016 16:15:22   | Dilihat : 6357   Penulis : Admin

Hingga saat ini sudah lebih dari 30.000 orang peminat yang memiliki akun di Portal Rekrutmen PKHI (Petugas Kesehatan Haji). Setiap peminat disyaratkan memiliki satu akun, dan hanya diperbolehkan membuat satu akun saja. Akun tersebut menjadi kunci pertama dari keseluruhan tahapan rekrutmen. Seluruh informasi, persyaratan dan kelengkapan secara administrasi yang diperlukan dalam tahapan rekrutmen PKHI ditampung dalam akun tersebut. Tanpa akun seorang peminat tidak dapat mengikuti proses rekrutmen.

Untuk mendapatkan akun peminat hanya tinggal mengakses portal rekrutmen PKHI di alamathttp://puskeshaji.depkes.go.id/rekrutmen/index.php dan mendaftarkan diri dengan mengklik ikon / gambar “buat akun”. Peminat akan diantar kedalam menu “Daftar Pembuatan Akun”, ikuti dan lengkapi data pribadi serta lakukan konfirmasi. Email konfirmasi akan secara otomatis terkirim ke email yang dicantumkan sebelumnya dalam data pribadi. Email tersebut berisi nomor akun (NA) dan password untuk Login ke halaman pribadi setiap peminat yang telah terdaftar. NA tersebut menjadi identitas peminat yang terdaftar dalam portal aplikasi Rekrutmen PKHI.

Dari awal berjalannya portal Rekrutmen PKHI sudah banyak peminat yang mengalami kesulitan terkait akun (NA). Banyak peminat yang tidak berhasil dalam pembuatan akun, ada peminat yang tidak mendapatkan balasan email, ada pula peminat yang tidak dapat login dan yang permasalahan terbanyak yang kami terima adalah hilang atau lupa password atau NA akun. Permasalahan tersebut sudah sering disampaikan dan dibahas dalam artikel, namun masih pula menjadi kendala bagi peminat. Dalam artikel ini dicoba dibahas kembali dan diberikan sedikit solusi yang mungkin dapat membantu.

Tidak berhasil membuat akun ?

Kegagalan dalam pembuatan akun dapat disebabkan karena pengisian data pribadi yang kurang lengkap atau kurang tepat tepat. Yang patut diperhatikan adalah pengisian No KTP serta nama dan wajib mengisi semua data yang diperlukan kecuali email alternatif. Pengisian No KTP harap tidak menggunakan tanda baca dan dipastikan benar sesuai dengan KTP yang aktif. Pengisian Nama harus tiga kata (nama depan, tengah dan belakang), nama sesuai dengan ketentuan pembuatan passpor atau sama dengan nama di paspor.

Tidak mendapatkan balasan email ?

Berhasil dalam proses pembuatan akun namun tidak mendapatkan email balasan konfirmasi NA. Perlu dipastikan terlebih dahulu apakah email balasan tersebut terkirim ke spam atau bulk, beberapa mail provider(seperti Gmail)  menempatkan balasan email rekrutmen di Spam. Disarankan menggunakan mail provider yang dinilai baik dan biasa digunakan. Bila tidak ada di inbox, spam atau bulk maka kemungkinan terjadi kesalahan saat memasukan data email atau email alternatif sehingga tidak email balasan terkirim.

Tidak dapat login ?

Sudah mendapatkan email balasan yang berisi NA dan password namun tidak berhasil ketika login. Dipastikan kembali benar dalam mengetikan NA dan password, karena sering sekali kesalahan penulisan NA ataupun password. Pastikan koneksi internet baik dan tidak terputus saat login.

Lupa password ?

Sudah memperolah NA, password dan pernah  login namun beberapa waktu kemudian terlupa password dan NA. Saat menerima email balasan diharapkan dapat disimpan dan diingat dengan baik. Sering kali email yang sampai di spam terhapus secara otomatis setelah beberapa waktu.

Masih ingat NA dan password namun lupa sudah pernah mengubah password saat login. Akun menjadi tanggungjawab pribadi setiap peminat sehingga perubahan data apa pun menjadi kewenangan pribadi. Diharapkan dapat menjaga dengan baik.

Mengingat banyaknya keluhan dan permasalahan tersebut menjelang tahun 2015, kami mencoba menambahkan fitur untuk dapat mengirimkan kembali email konfirmasi yang berisi NA dan password peminat ke email yang ditentukan. Fasilitas tersebut sebagai solusi /recovery akun peminat yang bermasalah. Sementara menunggu rampungnya fitur tersebut, permasalahan terkait akun dapat disampaikan melalui email NARekrutmenPKHI@gmail.com dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Email yang dibalas hanya yang terkait dengan akun peminat
  • Judul email sesuai dengan permasalahan
  • Dalam email disampaikan data pribadi saat pembuatan akun
  • Permasalahan disampaikan secara ringkas
  • Bila belum pernah sama sekali menerima email balasan saat pembuatan akun, maka diharapkan dapat menyertakan email alternatif yang digunakan.

Semoga dengan perbaikan-perbaikan yang dilakukan dapat memberikan banyak manfaat dan kemudahan. (Andry)