Capacity Building: Meningkatkan Semangat Kerja ber-Budaya 5R

Sun, 31/07/2016 16:16:38   | Dilihat : 1542   Penulis : Admin

Gambar: Karyawan Pusat Kesehatan Haji berfoto bersama di tengah rangkaian kegiatan Capacity Building, sebagai upaya peningkatan kinerja tahun 2015.

Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan kembali menggelar kegiatan Capacity Building. Acara ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Untuk tahun ini, kegiatan capacity building diadakan di Pulau Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Kegiatan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari, 8-10 Desember 2014 mengusung tema "Penerapan Budaya 5R Meningkatkan Kinerja Pegawai Puskes Haji". Seperti biasanya kegiatan rutin tahunan ini diikuti oleh seluruh pegawai Pusat Kesehatan Haji.

Acara pembukaan capacity building pada hari Senin 8 Desember 2014, diawali dengan kata sambutan Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan. Bapak Dr.dr.Fidiansjah, Sp.KJ, MPH. Dalam sambutannya Bapak Kepala Puskes Haji menyampaikan, "Persatuan dan kerjasama tim dalam suatu organisasi adalah suatu hal yang esensial dan sangat menentukan dalam meraih visi dan misi. Puskes Haji sebagai satker yang paling minimalis di Kementerian Kesehatan, InsyaAllah akan tetap bisa meraih prestasi yang maksimalis melalui pemantapan persatuan dan kerja sama tim dari  acara capacity building dengan target membudayakan 5R. Dengan semangat paradigma budaya kerja Rapi, Rawat, Rajin, Resik, dan Ringkas maka InsyaAllah kinerja Puskes Haji akan semakin meraih prestasi-prestasi yang membanggakan di masa yang akan datang, lebih baik dari tahun 2014 dan tahun-tahun sebelumnya".

Kegiatan capacity building ini tidak hanya untuk melepas ketegangan atas kejenuhan menjalani rutinitas aktivitas kerja selama di kantor. Akan tetapi, capacity building ini juga bertujuan untuk mengoptimalisasikan  kinerja karyawan lewat serangkaian kegiatan yang mengandung nilai-nilai edukasi. Dengan demikian, karyawan diharapkan lebih memahami tugas dan fungsi dalam organisasi di kantor Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan.

Pantai Parai menjadi saksi terjalinnya kerjasama yang kuat karyawan Puskes Haji dalam menyelesaikan berbagai permainan yang membentuk sikap dan cara berpikir positif bagi karyawan. Terbentuklah  rasa persaudaraan, kebersamaan, kerjasama, keterbukaan, toleransi, kepemimpinan dan tanggung jawab yang lebih kuat dan mendalam. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja karyawan Puskes Haji dimasa yang akan datang. (Artikel oleh dr. Ade Irma Rosiani.14/12/2014.)