Kabar Makkah: Safari Wukuf 1435 H

Sun, 31/07/2016 16:23:05   | Dilihat : 1271   Penulis : Admin

Gambar: Searah jarum jam, (1). Persiapan Bus Agkutan Safari Wukuf, (2). Evakuasi Pasien ke bus, (3). Jemaah berbaring dalam bus, (4). Pemeriksaan kesehatan oleh Ketua Tim Safari Wukuf (dr. Vickry, SpJP).

Makkah Al MukarramahAl-Hajju Arafah. Haji adalah Arafah. Dan, Wukuf merupakan puncak pelaksanaan Ibadah Haji. Seluruh jemaah berkumpul di padang Arafah untuk berdiam diri, mendekatkan diri kepada Allah, Sang  Pencipta Semesta Alam. Pada tahun 1435 H/2014 M ini, Wukuf di Padang Arafah bertepatan dengan hari Jumat, tanggal 3 Oktober 2014, sebagaimana ketentuan Kerajaan Saudi Arabia. Bagi ummat Islam, Haji tahun ini adalah Haji Akbar karena bertepatan dengan hari Jumat.

Kantor Kesehatan Haji Daker Makkah selaku pelaksana pelayanan kesehatan di daerah Makkah melaksanakan kegiatan safari wukuf. Suatu layanan menghadirkan jemaah sakit  di Padang Arafah agar dapat berkumpul dengan jutaan para Hujjaj seluruh dunia. Safari wukuf adalah memperjalankan jamaah haji sakit menuju padang Arafah untuk menunaikan ibadah wukuf. Tahun ini adalah tahun kedua Safari Wukuf menggunakan kendaraan (bus).

Bus dimodifikasi sedemikian rupa untuk menampung jamaah sakit. Dikerahkan sebanyak 10 buah bus, dengan rincian penggunaan 4 buah Bus untuk jemaah sakit berposisi baring dan 6 buah Bus untuk jemaah sakit berposisi duduk. 

Indikasi Safari Wukuf adalah indikasi medis. Jemaah sakit yang dikhawatirkan memburuk kesehatannya jika mengikuti perjalanan bersama kloternya, akan diakomodir dalam perjalanan safari wukuf. Petugas TKHI dapat mengusulkan jemaahnya untuk dilakukan seleksi oleh Tim Dokter.

Jemaah Haji yang dapat mengikuti safari wukuf adalah jemaah sakit dari usulan Kloter, perawatan di Sektor dan BPHI. Setelah melalui proses seleksi, diperoleh data jemaah sakit yang mengikuti Safari wukuf sebanyak 138 orang, dengan rincian 50 orang dengan posisi berbaring dan 88 orang dengan posisi Duduk. Pada tiap Bus disertai dengan tenaga Medis, Paramedis, Tenaga Farmasi, Penghubung dan Pembimbing Ibadah Haji dari Daker Makkah.

Safari wukuf dimulai dengan loading pasien ke bus masing—masing pada pukul 07.00 WAS, kemudian berangkat secara bersama-sama dalam rombongan pada pukul 11.00 WAS. Rombongan safari tiba di padang Arafah pukul 12.30 WAS untuk berdiam sementara dan mendengarkan khutbah wukuf yang disampaikan petugas pembimbing ibadah di tiap-tiap Bus. Kemudian pada pukul 02.00 WAS rombongan jemaah bergerak kembali ke BPHI untuk beristirahat dan kembali mendapatkan pelayanan kesehatan.  

Selain melaksanakan Safari Wukuf, Kantor Kesehatan Daker Makkah juga melaksanakan pengurusan Badal Haji bagi jemaah haji yang sakit dan wafat. Pelaksanaannya dikoordinasikan dengan Kantor Urusan Haji Daker Makkah. Total Jemaah Haji yang dibadalkan adalah sebanyak 147 orang, dengan rincian 66 Badal karena Sakit dan 81 Badal untuk Jemaah Wafat.

Pelaksanaan Safari Wukuf tahun ini dinilai berjalan lancar dan tanpa hambatan. Hal ini merupakan buah dari kesiapan Tim Safari Wukuf yang telah mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini. Diharapkan, pola persiapan dan pelaksaaan safari wukuf tahun ini dapat diterapkan pada tahun berikutnya agar menghasilkan pelaksanaan kegiatan safari wukuf yang sukses. Artikel: SMI/06/10/2014.